MPP Tanjungpinang Selesai Dibangun, Peresmian Direncanakan September 2022

  • Bagikan
Mall Pelayanan Publik (MPP) Tanjungpinang. (Foto: Ist)

TANJUNGPINANG, DURASI.co.id – Pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Jalan Agus Salim, Tepi Laut, tepatnya di gedung eks Perpustakaan dan Arsip Tanjungpinang, telah selesai dibangun.

“Pembangunan tahap dua ini sudah selesai semua, fisiknya sudah selesai, kemudian pengadaan barang dan perangkatnya juga sudah selesai,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanjungpinang melalui Sekretaris Dinas Elvi Arianti, Selasa (16/8/2022) lalu.

Ia menyampaikan, softlaunching  penggunaan MPP direncanakan akan dilaksanakan pada September 2022 mendatang. Untuk tanggal pasti peresmian menunggu arahan Wali Kota Tanjungpinang.

Selain itu juga pihaknya masih akan melakukan rapat persiapan dengan instansi terkait yang akan mengisi di MPP ini. 

Baca Juga :  Pelajari Survei Herd Immunity, Satgas Covid-19 Sumut Kunker ke Batam

“Kita akan rapatkan kembali untuk persiapan peresmian karena bagaimanapun juga mereka punya aplikasi tersendiri, jadi kita memang harus duduk bersama. Kemudian kita juga akan melakukan MoU antara Pemko Tanjungpinang dengan instansi di luar Pemko,” sebutnya. 

Ia menjelaskan, Mal Pelayanan Publik merupakan generasi ketiga dari tranformasi reformasi birokrasi yang bertujuan untuk memudahkan masuknya investasi dan juga memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi mulai dari perizinan maupun non perizinan. 

Nanti, lanjutnya, terdapat 28 instansi yang akan mengisi gerai MMP tersebut, diantaranya DPMPTSP Tanjungpinang, DPMPTSP Provinsi Kepri, Disdukcapil, PUPR, Dinas Kesehatan, DLH, BPPRD, Disnaker, Samsat, DPMPTSP Kepri, Bank Riau Kepri, BTN, BCA.

Kemudian Kejaksaan Negeri, Satlantas Polresta Tanjungpinang, Kementerian Agama, BPN, KPP Pratama, Imigrasi, Ombudsman Kepri, BNN, Pengadilan Negeri, Kemenkumham Kepri, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PDAM, Taspen dan PLN.

Baca Juga :  26 Oktober Mendatang, Menpan-RB Bakal Resmikan MPP Tanjungpinang

“Contohnya dalam pengurusan PBG (Persetujuan Bangunan Gedung), di sini sudah disiapkan klinik PBG, jadi masyarakat yang ngurus PBG juga bisa dapat konsultasi dan ruangan juga tersedia. Untuk pengurusan PBG bila ada terkendala masalah lingkungan, di sini ada DLH, pendaftaran melalui PU, PU juga ada, soalnya retribusi kan di DPMPTSP, di sini juga ada DPMPTSP,” jelasnya.

“Jadi kalau masyarakat mau berurusan administrasi cukup di satu pintu saja semua selesai dan tidak memakan waktu lama,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dalam MPP juga disiapkan fasilitas penunjang diantaranya ada gerai untuk promosi UMKM, cafe taman, mushola, toilet, fasilitas disabilitas dan ruang permainan anak. 

“Dengan MPP ini semoga masyarakat dapat menikmati pelayanan yang cepat, aman, nyaman, serta dapat pula meningkatkan investasi di Tanjungpinang,” harapnya.

Baca Juga :  Aktivitas Penyelundupan Masih Marak di Pelabuhan Roro Telaga Punggur Batam
  • Bagikan