BATAM, DURASI.co.id – Menghadapi lonjakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2025 yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam menyiapkan sejumlah langkah strategis guna memastikan kelancaran layanan transportasi. Persiapan ini mencakup percepatan perbaikan armada hingga penerapan sistem tiket daring untuk mengurai antrean di pelabuhan.
General Manager PT ASDP Batam, Hermin Welkis, mengatakan bahwa pihaknya telah mempercepat proses perbaikan atau docking dua kapal Roro guna memastikan kesiapan armada dalam melayani para pemudik selama periode libur panjang tersebut.
“Kami telah mempercepat proses docking dua kapal, dan keduanya telah siap beroperasi sejak akhir Februari lalu. Kapal-kapal ini akan dioperasikan selama Lebaran dan libur Nyepi untuk mengoptimalkan layanan bagi pemudik,” kata Hermin, Senin (3/3/2025).
Hermin juga memproyeksikan adanya peningkatan jumlah penumpang dibandingkan periode mudik Lebaran tahun sebelumnya. Rute penyeberangan Punggur–Tanjung Uban diperkirakan tetap menjadi yang paling ramai, sementara lonjakan penumpang juga diprediksi terjadi pada lintasan antarprovinsi, seperti ke Buton, Riau, dan Kuala Tungkal, Jambi.
Untuk meningkatkan kenyamanan dan kelancaran arus mudik, PT ASDP Batam tetap menerapkan sistem pembelian tiket kendaraan secara daring melalui platform website dan aplikasi Ferizy.
“Sistem ini terbukti efektif dalam mengurai kepadatan di area pelabuhan, sebagaimana yang telah diterapkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebelumnya,” terangnya.
Dengan sistem tiket daring ini, antrean di pelabuhan dapat dikurangi karena pengguna jasa telah memiliki jadwal keberangkatan yang pasti dalam sistem.
“Melalui berbagai upaya yang telah dilakukan, ASDP Batam berharap dapat memberikan layanan yang lebih optimal bagi para pemudik serta memastikan kelancaran arus transportasi selama periode libur Lebaran dan Nyepi 2025,” tandasnya.
Penulis: Ledi
Editor: Indra