Gubri: Manfaat Donasi Pohon untuk Masyarakat Pengelola Hutan

  • Bagikan
Gubernur Riau saat konferensi pers (Istimewa)

PEKANBARU, Durasi.co.id – Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Riau, dalam mewujudkan Riau hijau dibumi Lancang Kuning, Gubernur Riau, Syamsuar, launching adopsi pohon yang diperuntukkan untuk penanaman pohon di kawasan perhutanan sosial, dan kawasan hutan lainnya yang ada di Riau.

Gubri dalam arahannya mengatakan, program Riau hijau yang pertam kali diadakan di Riau, bahkan untuk tingkat Nasional ini, diharapkan mampu mewujudkan Riau Hijau. Termasuk untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Riau yang berada di daerah, dalam memanfaatkan lahan perhutanan sosial.

“Dalam kesempatan ini, kami mengajak seluruh komponen masyarakat dalam upaya pemerintah Provinsi untuk kehidupan yang lebih baik. Adopsi pohon di Riau, salah satu langkah menuju Riau Hijau demi lestari hutan di tanah melayu. Ini bentuk penguatan komitmen kelestarian hutan bagi masyarakat,” ujar Gubri, Syamsuar, didampingi Kadis LHK Riau, Maamun Murad, Rabu (10/8).

Baca Juga :  Serahkan Sertifikat Rumah Layak Huni, Warga: Terima Kasih Pak Gubernur Riau

“Konsensi menuju Riau Hijau ditunjukkan dengan aksi nyata, untuk meningkatkan baik ekonomi sosial budaya. Perhutanan sosial diarahkan model mata pencaharian masyarakat yang memiliki potensi pendapatan masyarakat sepeti madu kelulut, buah-buahan, dan penghasilan lainnya,” tambahnya.

Dijelaskan Gubri, manfaat penghijauan hutan yang ada di seluruh wilayah Riau ini, termasuk dalam program donasi pohon ini untuk mengurangi atau menurunkan emisi karbon. Untuk itu perlu bantuan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Riau ini dalam menciptakan Riau hijau melalui donasi pohon.

“Manfaat donasi ini akan langsung diterima masyarakat pengelola hutan, ini juga bagian sosial dari perusahaan dalam mengurangi emisi karbon dalam pembangunan rendah karbon di Riau. Kami mengharapkan komitmen unsur terkait mengawal jalannya kegiatan,  melalui pendampingan untuk membangun kepercayaan publik dengan dukungan semua lembaga, kegiatan ini akan dapat diwujudkan bersama,” ungkap Gubri.

Baca Juga :  Syamsuar, Gubernur Satu-satunya di Indonesia Terima Penghargaan LHKPN 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang