Kabar Baik, Mensos Berikan Solusi untuk Penerima KKS di Wilayah Terpencil Riau

  • Bagikan
Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini. (Foto: Ist)

PEKANBARU, DURASI.co.id – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini memberikan kemudahan untuk pencairan bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) bagi warga yang berada di daerah perairan dan pulau terpecil di Provinsi Riau.

“Kami melakukan pendekatan geografis, konsepnya untuk warga yang berada di wilayah kepulauan, perairan dan terpencil. Banknya jauh, banknya yang harus datang. Jadi supaya warga ini bisa mencairkan bantuan, bank harus mendatangi pulau tersebut, apalagi kalau punya nasabah 20-50  orang,” kata Mensos saat melakukan pertemuan bersama pendamping program keluarga harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPN), Himbara bank penyalur dan kepala dinas sosial se-Riau, pada Selasa (31/8/2022), bertempat di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Baca Juga :  Tinjau Lokasi Gempa Pasaman, Menteri Risma Malah Dimarahi Warga

Salah satu contoh kasusnya di Pelalawan, Riau, ada satu penerima bansos yang belum bertransaksi atau mencairkan bantuannya karena terkendala biaya transportasi.

Sebab, biaya transportasi yang dikeluarkan untuk naik pompong atau perahu mesin tidak sebanding dengan bantuan yang akan diterima. Selain itu, jarak tempuhnya mencapai 4 jam untuk mencapai bank terdekat di provinsi tetangga, Kepulauan Riau.

“Solusinya bisa dibuat pencairan per enam bulan, jangan diblokir per tiga bulan. Kita revisi nanti. Kasihan mereka, apa lagi 4 jam melewati sungai,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang