Kunjungi Kampus ITEBA dan BTP Batam, Zulkifli Hasan Bagikan Kiat Sukses

  • Bagikan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan ke kampus ITEBA dan BTP Batam, Sabtu (17/12).

BATAM, DURASI.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi Institut Teknologi Batam (ITEBA) dan Batam Tourism Polytechnik (BTP) di Tiban, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (17/12/2022).

Di hadapan civitas akademika, Mendag Zulkifli berbagi kiat sukses. Menurutnya, sukses di usia muda salah satunya ditandai dengan memiliki bisnis dan usaha sendiri.

“Kunci keberhasilan di usia muda, di antaranya mengembangkan bakat yang dimiliki untuk berani bersaing dan memenangi setiap kompetisi yang ada,” ujar pria yang juga menjabat Ketum Partai PAN ini.

Selain memberikan kiat sukses, Mendag Zulkifli Hasan juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah pandemi Covid-19.

“Saat ini, kondisi inflasi dan neraca perdagangan Indonesia, khususnya di kwartal III tahun 2022, masih terus tumbuh di angka yang positif yakni pada kisaran 5,72 persen,” sebut Zulhas.

Baca Juga :  Amsakar Ajak Remaja Memakmurkan Masjid

Ia menjelaskan, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai langkah dan terobosan.

Salah satunya, lanjut Zulhas, dengan terus menembus pasar dunia, terutama di wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika.

“Kementerian Perdagangan juga melakukan perjanjian perdagangan strategis dengan negara-negara tersebut, dimana Indonesia nantinya akan melakukan ekspor dagang jenis non pasar tradisional, yang dilakukan dengan cara bebas bea,” ungkap Zulhas.

Menurut Zulhas, untuk penguatan sektor perdagangan dalam negeri sendiri, Indonesia masih terus memperkuat 4 pilar perekonomian, yakni penguatan UMKM, market place, retail perdagangan modern dan perbankan.

Pada kesempatan itu, Mendag Zulkifli menyerahkan bea siswa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kepada mahasiswa ITEBA dan BTP Batam. (red)

Baca Juga :  Dalam Sehari, Bea Cukai Batam Berhasil Gagalkan 3 Penyeludupan Sabu
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang