Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI Serahkan 1000 Bibit Cabe ke Suku Sakai

  • Bagikan
Mahasiswa peserta Kukerta Balek Kampung UNRI. (Foto: Istimewa)
BENGKALIS, DURASI.co.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau di Kelurahan Pematang Pudu membagikan 1.000 bibit cabai rawit kepada masyarakat Suku Sakai, Rabu, 18 Agustus 2021.

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis kepada perwakilan RT01 sampai RT/07 RW 01, bersama Kelompok Pertanian Terpadu, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Acara itu juga dihadiri Kesos Kecamatan Mandau, perwakilan dari UPT pertanian, perwakilan Polsek,  Lurah, Ketua TP PKK, Pelimo Debalag Sakai, dan perwakilan warga.

Bibit cabai tersebut sebelumnya telah ditanam beberapa minggu yang lalu oleh Tim Kukerta Kelurahan Pematang Pudu.

Pada program ini, mahasiswa Kukerta diwadahi dan dibantu oleh  Kelompok Pertanian Masyarakat Suku Sakai yang  dipimpin Mus Mulyadi serta pemuda yang ada di kelompok pertanian tersebut.

Baca Juga :  Pertama di Indonesia, Besok Gubernur Riau Luncurkan Program Adopsi Pohon

Adapun tujuan dari penyelenggaraan pembagian bibit ini adalah untuk membantu masyarakat Suku Sakai di Pematang Pudu yang yang sebagian besar kondisi ekonominya menengah ke bawah.

Ketua Tim Kukerta Rama Dian Putra dalam sambutannya berterimakasih kepada tamu undangan yang hadir serta Kelompok Pertanian Terpadu Masyarakat Sakai yang bersedia menjadi wadah atau media untuk melaksanakan program kerja ini.

Dia melanjutkan, tujuan utama pelaksanaan program kerja ini yaitu membantu ketahanan pangan masyarakat Suku Sakai khususnaya di Pematang Pudu.

“Ini adalah satu program unggulan kami,” ujar Rama.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan Tim Kukerta Kelurahan Pematang Pudu Muhammad Yogi Riyantama Isjoni SE MM juga terimakasih kepada kelompok tani serta warga yang sudah melibatkan mahasiswa dalam penyerahan bibit ini.

Baca Juga :  Pariwisata Riau Terus Berbenah, Perekonomian Bangkit Lagi

Sedangkan Sekretaris Lurah Pematang Pudu Wildan Taufiq S.Stp juga berterimakasih kepada seluruh mahasiswa Kukerta yang selama banyak mengabdikan diri di masyarakat.

Sementara perwakilan Kecamatan Mandau Yoan Dema SIP merasa bangga kepada mahasiswa Kukerta karena berkat adanya program ini dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Selain penyerahan bibit cabai secara simbolis, juga diserahkan tanaman musiman yang ditanam langsung oleh tamu undangan yang hadir.

Adapun tanaman musiman yang ditanam adalah jengkol, petai, durian dan kelengkeng. (rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang