Mahasiswa Unilak Pekanbaru Juara Lomba Orasi Unjuk Rasa Peringatan Hari HAM Piala Kapolri

  • Bagikan
Tim mahasiswa suara rakyat Unilak Pekanbaru saat orasi dalam lomba unjuk rasa piala Kapolri, Sabtu (4/12/21). Foto: Ist

PEKANBARU, DURASI.co.id – Tim mahasiswa Suara Rakyat Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, berhasil meraih juara tiga lomba Orasi Unjuk Rasa bertemakan Hak Azazi Manusia Piala Kapolri yang diadakan oleh Polda Riau, pada Sabtu, (4/12/2021).

Pelaksanaan lomba digelar di kompleks purna MTQ Pekanbaru, yang dibuka oleh Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto. 10 Tim peserta yaitu, Elang Riau, Fokum Ar Rahman, PMK RI, Revolusi Unri, Mabat, Sokoguru, Pejuang Kaffah, Kansas, Suara Rakyat dan STIE Riau. Peserta merupakan mahasiswa dari  Perguruan Tinggi yang ada di Riau. 

Tim Mahasiswa Unilak yang ambil bagian yaitu Nuri Hamzah Panggabean, Juli Aryati Br S, Gino Septian Hutabarat, Agel Purwanda, Kosengan Zai, Risman Zebua, dan Edo Fritz Martin B. 

Baca Juga :  Petani Sawit Berharap Ketersediaan Pupuk dan Harga Terjangkau

“Tim mahasiswa Unilak kami beri nama Suara Rakyat, kami senang bisa mendapatkan juara tiga, tema yang kami angkat adalah penolakan hukuman mati bagi terpidana Narkotika,” ujar Agel Purwanda mahasiswa Fakultas Hukum Unilak. 

Dijelaskan Agel, tema yang kami suarakan dalam lomba Orasi adalah tentang Hak Asasi Manusia. Maka kami menggugat dan mendorong pemerintah untuk mengubah regulasi daripada UU Narkotika tentang Hukum mati bagi terpidana Narkotika. Sebab menurutnya ini sangat bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 28A. 

Pelaksanan lomba berlangsung satu hari dan menerapkan protokol kesehatan. Beberapa tema yang dibawakan peserta diantaranya pelecehan seksual, intimidasi wartawan, Narkotika dll. 

Dewan juri pada perlombaan orasi terdiri dari kalangan akademisi, Kemenag, aktivis HAM Perlindungan perempuan dan anak.  Atas keberhasilan tim Suara Rakyat Unilak mendapatkan uang tunai 2,5 juta dan piagam.  Sebagai juara satu yaitu Tim PMK mendapatkan hadiah 5 juta ditambah piagam, juara dua Tim Sokoguru 3 juta rupiah dan piagam. (Tan)

Baca Juga :  Setahun Beroperasi, Ada 86 Kasus Kecelakaan, 11 Meninggal di Tol Pekanbaru-Dumai
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang