Seekor Gajah Ditemukan Mati di Tualang Mandau Bengkalis

  • Bagikan
Seekor gajah sumatera ditemukan mati di area HPK, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (10/12/21). Foto: BBKSDA Riau

BENGKALIS, DURASI.co.id – Dunia Konservasi Riau kembali berduka, seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di area HPK, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (10/12/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pihak Balai Besar KSDA Riau pertama kali mendapat informasi dari anggota Tim Kelompok Masyarakat Peduli Gajah (KMPG) Desa Koto Pait Beringin bersama Rimba Satwa Fondation (RSF)-HIPAM, atas temuan seekor gajah betina dewasa dalam keadaan mati.

“Usia gajah betina ini lebih kurang 25 tahun diperkirakan sedang menyusui,” ungkap Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara.

Menurut hasil pemeriksaan, Fifin mengatakan, dugaan sementara Gajah mati disebabkan akibat terkena setrum aliran listrik yang bersumber dari kabel PLN yang terhubung ke barak pekerja kebun sawit milik masyarakat, di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga :  Hadapi Musim Penghujan, BPBD Riau Siap Bantu Kabupaten Kota Atasi Banjir

“Jadi informasinya sebelum ditemukan mati, gajah liar merobohkan barak milik masyarakat yang telah dialiri listrik PLN,” ungkap Fifin.

Saat ditemukan, gajah liar itu ditemukan mati di kebun milik Sitorus yang berbatasan langsung dengan konsesi PT Arara Abadi. 

Sementara itu, pantauan petugas di lapangan saat ini kelompok gajah liar saat ini masih terpantau berada di sekitar bangkai gajah yang ditemukan tersebut. 

Namun, sebut Fifin, untuk memastikan penyebab kematian gajah tersebut. Saat ini Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan Tim medis untuk melakukan nekropsi.

“Tim ini dipimpin drh Danang untuk melakukan nekropsi terhadap Gajah mati tersebut dan PLN turun kelapangan untuk memutus arus listrik yang ada,” pungkasnya. (Tan)

Baca Juga :  Jelang Purna Tugas, Personil Brimob dapat Hadiah Rumah dari Kapolda Riau
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang