Lestarikan Situs Sejarah, Kades Tinjul Bersama Masyarakat Goro di Perigi Hangtuah

  • Bagikan
Kades Tinjul bersama masyarakat gotong royong di perigi Hangtuah, Sabtu (27/11/21). Foto: Istimewa

LINGGA, DURASI.co.id – Dalam rangka menjaga dan melestarikan situs budaya, masyarakat Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat, kabupaten Lingga, Sabtu pagi (27/11/21) mengadakan gotong royong (Goro) di perigi atau sumur Hangtuah.

Kegiatan yang rutin diagendakan setiap Minggu itu, merupakan kesepakatan bersama yang dibangun oleh masyarakat bersama pimpinan.

Diinisiasi secara bersama dan atas dasar kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan di wilayah perigi hangtuah dan tempat-tempat sejarah lainnya yang ada di Desa Tinjul.

Kepala Desa Tinjul, Amren yang ditemui di lokasi mengatakan, dirinya sangat bangga dengan kesadaran dan semangat yang ditunjukkan oleh masyarakat Desa Tinjul untuk menjaga dan melestarikan situs sejarah (perigi Hangtuah) yang ada di desa tinjul ini.

Baca Juga :  Wakapolda Hadiri Pembukaan Musda KBPPP Kepri

“Mewakili masyarakat, saya sangat bangga dengan masyarakat saya yang sangat antusias mengikuti Goro di perigi hangtuah yang menjadi kebangaann masyarakat kami,” ujar Amren, Sabtu.

Perigi Hangtuah di Desa Tinjul, Lingga, Kepri. (Foto: Istimewa)

Oleh karena itu, sambungnya selaku kepala desa dirinya sangat berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, Pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah pusat untuk ikut juga memperhatikan situs sejarah yang ada di desa ini.

“Saya selaku Kades berharap adanya perhatian dari pemerintah terhadap situs sejarah perigi Hangtuah ini, khususnya terkait pembangunan sarana dan prasarana di perigi hangtuah. Apa lagi kita ketahui, perigi hangtuah ini sudah di kenal di mancanegara,” harap Amren.

Diceritakan Amren, bahwa sebelumnya dia bersama masyarakat juga sudah melakukan pembersihan dan membuka akses jalan dari lokasi Sumur Hang Tuah menuju telaga tujuh (7), karena akan ada event pembuatan video dokumenter di lokasi Sumur Hang Tuah oleh para pelajar SMP dan SMA Se- Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kepri Pimpin Rakorda Tahap I BAN dan PNF Tahun 2022

“Kami juga sebelumnya sudah melaksanakan Goro untuk membuat akses jalan ke lokasi sumur hangtuah menuju telaga 7, untuk pelaksanaan event pembuatan video dokumenter oleh para pelajar SMP dan SMA Se- Kabupaten Lingga,” pungkas Amren.

Ada pun kegiatan Goro diikuti kurang lebih 30 orang dan melibatkan Kepala Dusun, RW/RT, Ketua BUMDes, LPM, Kaur Desa dan para pemuda Desa Tinjul. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang