Manfaat Tidur Berbaring ke Kanan dari Sunnah Nabi Muhammad

  • Bagikan
Ilustrasi. (Int)
DURASI.co.id – Dalam sejumlah hadits diketahui tentang sikap Nabi dalam keseharian. Salah satunya adalah ketika tidur, di mana Nabi SAW kerap tidur berbaring menghadap ke kanan.

Secara kesehatan, ternyata tidur berbaring menghadap ke kanan menghasilkan manfaat bagi tubuh.

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan, tidur berbaring menghadap ke kanan berpotensi membantu melancarkan peredaran darah dari sel bagian kiri jantung yang terletak di bagian atas ke seluruh tubuh, kecuali pembuluh aorta.

Dalam posisi ini, seluruh anggota tubuh selain tangan kanan berada sejajar dengan hati dan di bawahnya. Karenanya, darah dapat mengalir ke bagian-bagian tubuh tersebut dengan mudab sesuai dengan hukum gravitasi.

Baca Juga :  Doa Tolak Bala yang Mudah Dihafal

Dengan demikian, posisi ini sangat nyaman bagi manusia. Dalam posisi terlentang, darah mengalir ke sebagian besar tubuh tanpa kesulitan dan dengan posisi jantung yang sejajar dengan tubub kecuali dahi. Akan tetapi posisi ini tidak lebih memudahkan jantung menjalankan fungsinya dibandingkan berbaring ke kanan.

Dengan begitu, maka kutub jantung condong ke arah kanan. Berbaring terlentang tidak memberikan keuntungan pada jantung, melainkan mengharuskannya mengerahkan energi lebih banyak sebagaimana mobil membutuhkan energi untuk berjalab di dataran landai atau rata.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang