Persaingan Golkar dan Demokrat Kian Ketat

  • Bagikan
Ilustrasi

JAKARTA, DURASI.co.id – Kekuatan partai politik Tanah Air menjelang 2024 terekam dalam hasil sejumlah lembaga survei. Partai Golkar dan Partai Demokrat terus bersaing ketat.

Partai Golkar merupakan pemilik kursi terbesar kedua di parlemen dengan 85 kursi. Mereka meraup lebih dari 17 juta suara di Pemilu 2019. Sedangkan Demokrat mempunyai 54 kursi atau 10 juta lebih suara di Pemilu 2019.

Dalam catatan pemberitaan, Kamis (11/8/2022), Golkar dan Demokrat kini salip-salipan di sejumlah hasil lembaga survei. Kadang Golkar di atas, kadang juga Partai Demokrat yang unggul dari si kuning.

Berikut ini 3 survei terakhir yang menampilkan persaingan ketat Golkar dan Demokrat:

Survei IPS

Di dalam survei ini, Partai Golkar unggul tipis dari Partai Demokrat. Golkar di posisi ketiga, Demokrat membuntuti dengan selisih 0,1 persen.

Baca Juga :  Partai IDAMAN Terdaftar di Kemenkumham, Ketua Rhoma Irama, Anak Sekjen dan Istri Bendahara

Berdasarkan keterangan tertulis IPS, Rabu (10/8), survei IPS dilaksanakan pada tanggal 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel populasi ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner. Sampel yang diperoleh petugas-petugas survei IPS yang tersebar di seluruh Indonesia terlebih dahulu kami validasi untuk mengetahui apakah sampel survei IPS kali ini valid atau tidak.

Baca Juga :  Survei Capres IPO: Prabowo, Anies dan Ganjar Teratas

Kepada responden, IPS menanyakan seandainya saat ini dilaksanakan pemilu, partai apakah yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih? Berikut hasilnya:

PDIP: 22,3%
Gerindra: 17,8%
Golkar: 10,9%
Demokrat: 10,8%
PKS: 6,8%
PKB: 6,7%
NasDem: 3,6%
Perindo: 3,5%
PAN: 2,8%
PPP: 1,9%
PSI: 1,1%
Hanura: 0,5%
Gelora: 0,4%
Ummat: 0,4%
PBB: 0,2%
Partai lainnya: 1,2%
Undecided: 9,1%

(*)

Editor: RI | Sumber: detik.com

  • Bagikan