BNSP Serahkan Sertifikat Kompetensi Gada Utama ke Satpam di Batam

  • Bagikan
BNSP serahkan sertifikat kompetensi gada Utama ke Satpam di Batam, Jumat (14/1/22). Foto: Nal/Durasi.co.id

BATAM, DURASI.co.id – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyerahkan sertifikat kompetensi profesi Satuan Pengamanan (Satpam) kualifikasi Gada Utama kepada 34 orang peserta uji kompetensi yang telah dinyatakan kompeten atau lulus, Jumat (14/1/2022) di Hotel Four Point, Batam.

Uji kompetensi profesi Satpam kualifikasi Gada Utama dilaksanakan oleh BNSP melalui LSP P-2 Sekuriti PP Polri pada 26-27 November 2021 di Batam. Kegiatan itu diikuti oleh 34 peserta yang telah menduduki jabatan manajer minimal selama 2 tahun, sebagaimana diatur pada Perpol No 4 tahun 2020 pasal 26 dan 27.

Materi uji kompetensi meliputi pendalaman terhadap unit kompetensi profesi jasa pengamanan berdasarkan keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 259 tahun 2018 tentang kompetensi kerja nasional Indonesia, kategori aktivitas keamanan dan penyelidikan bidang jasa satuan pengamanan dengan unit kompetensi yaitu, menentukan tingkat risiko keamanan area kerja, menentukan tingkat risiko kerawanan area kerja, menyusun rencana pengamanan , menyusun standar operasional prosedur, melaksanakan manajemen tanggap darurat, menangani konflik di lingkungan kerja dan menyusun desain simulasi pengamanan.

Baca Juga :  Gubernur Ansar Sampaikan 4 Kunci Sukses ke Siswa SMKN 2 Batam

Penyerahan sertifikat kompetensi dilakukan oleh Komisioner BNSP, Tetty DS Hariyanto didampingi Direktur Utama PT TSSI, Irjen Pol (P) Drs Edward Aritonang MM sebagai penyelenggara pelatihan Satuan Pengamanan kualifikasi Gada Utama dan Direktur LSP P-2 Sekuriti PP Polri, Irjen Pol (P) Drs Itu Hari Winarto SH MH sebagai pelaksana uji kompetensi.

Ketua Umum PP Polri, Jenderal Polisi (P) Drs H Bambang Hendarso Danuri MM yang menaungi PT TSSI dan LSP P-2 Sekuriti PP Polri menyampaikan pesan kepada penerima sertifikat kompetensi profesi agar dapat memperlihatkan kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Terutama dalam menerapkan sistem manajemen pengamanan yang baik di perusahaan tempat bekerja yang pada akhirnya akan membawa manfaat bagi kemajuan perusahaan,” sambung Ketua Umum PP Polri.

Baca Juga :  Imigrasi Batam Gelar Program Paspor Simpatik, Catat Tanggalnya

Ia juga meminta peserta kompeten untuk menjaga kehormatan dan profesionalisme profesi Satpam terutama sebagai manejer sukuriti dengan kualifikasi Gada Utama.

Ketua Umum PP Polri menghimbau kepada perusahaan-perusahaan dan kawasan industri yang ada di Batam, baik instansi pemerintah maupun swasta agar mengikutsertakan anggota Satpam di lingkungan perusahaannya mengikuti uji kompetensi Profesi Satuan Pengamanan yang diprogramkan oleh BNSP, baik kualifikasi Gada Utama, maupun Gada Pratama.

“Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang telah mencanangkan bahwa saat ini kita berada pada era kompetensi,” pungkasnya. (Nal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang