Doa Tolak Bala yang Mudah Dihafal

  • Bagikan
Ilustrasi

DURASI.co.id – Bala dalam bahasa Indonesia berarti malapetaka, kemalangan, cobaan, dan musibah yang datang kepada umat manusia. Sudah menjadi naluri alamiah jika manusia ingin melindungi diri dari segala bencana atau musibah termasuk pandemi virus corona seperti sekarang.

Dalam ajaran Islam, agar terhindar dari bencana atau musibah dianjurkan untuk rajin beribadah dan berdoa memohon perlindungan pada Allah SWT.

Mengutip laman resmi Dompet Dhuafa, Nabi Muhammad bersabda: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian”.

Ada beberapa versi doa tolak bala yang mudah untuk dihafalkan. Berikut ini lafal beberapa di antaranya:

1. Memohon dihindarkan dari bencana

Baca Juga :  Doa Keluar Rumah, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

“Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana. Mim balaadinaa khaassataw wa min buldaanil muslimiina ‘aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.”

Artinya: Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.

2. Doa memohon jalan keluar dari musibah

“Allahumma bihaqqil faatihati wa sirril faatihati yaa faarijal hammi wa yaa kaasifal ghammi yaa man li’ibaadihii yaghfiru wa yarhamu yaa daafihal balaa -i yallaahu wa yaa daa fihal balaa -i yaa rahmaanu wa yaa daafi’al balaa -i yaa rahiim.”

Baca Juga :  7 Cara Berbusana dan Berhias Diri Ala Rasulullah SAW

Artinya: Ya Allah dengan hakikat Al Fatihah dan rahasia yang ada dalam Al Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, wahai Tuhan yang kepada hambaNya Mengampuni dan Menyayangi. Wahai Penolak bala ya Allah wahai Pengasih, wahai Penolak bala ya Allah wahai Maha Penyayang.

3. Doa untuk memohon perlindungan dari wabah penyakit

“Allahumma inni a’uudzubika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi -il asqoom.”

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang