Indeks Demokrasi Riau Posisi Ketiga se-Sumatera

  • Bagikan
Rapat koordinasi penyampaian hasil indeks demokrasi Indonesia tahun 2020 Provinsi Riau. (Foto: Ist)

PEKANBARU, DURASI.co.id – Provinsi Riau menempati posisi ke-3 di Pulau Sumatera dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) meningkat sebesar 1,65 poin di tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Provinsi Riau, Rini Apsari dalam Rapat Koordinasi Penyampaian Hasil Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2020 Provinsi Riau.

Labih jauh Rini menyampaikan, perbandingan IDI di Pulau Sumatera tahun 2019-2020 menempatkan Provinsi Jambi diposisi pertama dengan angka kenaikan sebesar 5,77 poin. Kemudian disusul Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan angka peningkatan 5,31 poin.

“Dan diposisi ke-3 Provinsi Riau mengalami peningkatan sebesar 1,65 poin,” jelas Rini di Aula BPS Provinsi Riau, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga :  Riau Dapat Dana Hibah Pembangunan Dermaga Dumai-Rupat

Peningkatan Riau dalam Indeks Demokrasi lebih didominasi oleh aspek hak-hak politik. Namun, terjadi penurunan pada aspek lemabaga-lembaga demokrasi.

“Ini poin yang akan kita beri peningkatan di tahun 2021 mendatang agar angka IDI kita juga menigkat lebih baik,” Rini menuturkan.

Atas pencapaian tersebut, Rini mengajak OPD terkait untuk saling bersinergi meningkatkan aspek lainnya untuk capaian Indeks Demokrasi Riau jauh lebih baik ditahun yang akan datang.

Bahkan ia menyebut, ditahun ini terdapat 5 provinsi di Sumatera yang nilai IDI nya lebih rendah dibandingkan tahun 2019. Yang mana itu mengindikasikan Indeks Demokrasinya menurun.

“5 provinsi tersebut diantaranya Provinsi Sumatera utara, Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Bengkulu,” pungkas Rini. (*)

Baca Juga :  Menlu Retno Marsudi Beri Kuliah Umum Politik Luar Negeri di UIN Suska Riau
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang