BATAM, DURASI.co.id – Jasa Raharja Kepulauan Riau (Kepri) melakukan kunjungan dan koordinasi dengan instansi-instansi yang berwenang di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam, Rabu, 25 Oktober 2023 lalu.
Kunjungan tersebut mempertemukan Kepala Jasa Raharja Kepri, Wanda P Asmoro dengan Kepala Pos Syahbandar, Kepala Pos KPLP, dan Wakasatker Badan Usaha Pelabuhan BP Batam.
Kunjungan tersebut merupakan giat silaturahmi rutin untuk menguatkan kerja sama antara Jasa Raharja dengan instansi-instansi berwenang terkait utamanya dalam rangka penjaminan penumpang kapal selama perjalanan dari Pelabuhan Telaga Punggur.
Disampaikan oleh Kepala Jasa Raharja Kepri, Wanda P Asmoro kunjungan juga sebagai bentuk koordinasi inisiasi dalam rangka rencana penerapan e-ticketing di Pelabuhan Telaga Punggur.
“Kami secara rutin lakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait yang berwenang di tiap-tiap pelabuhan, salah satunya di Pelabuhan Telaga Punggur ini supaya kerja sama terjalin selalu dengan baik. Kami juga coba bicarakan kedepan kaitannya dengan penerapan e-ticketing untuk kemudahan pembelian tiket kapal penumpang,” jelasnya, Jumat (27/10/2023).
Ia menjelaskan, penerapan e-ticketing saat ini menjadi fokus instansi-instansi berwenang di Pelabuhan Telaga Punggur dan Jasa Raharja demi memberikan kemudahan pengawasan instansi-instansi berwenang tersebut, serta kemudahan dalam rangka pengutipan ongkos tiket penumpang serta pengutipan premi Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) Jasa Raharja.
“Penerapan e-ticketing nantinya juga akan menciptakan satu single-data penumpang yang andal dan bisa dimanfaatkan oleh dengan sebaik-baiknya oleh stakeholder terkait, utamanya tugas Jasa Raharja dalam rangka memberikan penjaminan kepada penumpang apabila mengalami kecelakaan dalam perjalanan menggunakan kapal laut,” ucapnya. (red)