Warga Danau Bingkuang Kampar Serahkan Kucing Hutan ke BBKSDA Riau

  • Bagikan
Ervira, warga Desa Danau Bingkuang, Kampar saat menyerahkan kucing hutan ke tim resque BBKSDA Riau. (Foto: Ist)

PEKANBARU, DURASI.co.id – Tim Resque BBKSDA Riau menemui seorang yang baik hati yakni Elvira warga Desa Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar, yang secara sukarela menyerahkan satwa anakan kucing hutan, Senin (10/1/22) kemarin.

Proses penjemputan dilakukan tim Resque bersama tim dari Yayasan Cinta Satwa Riau dan melakukan proses serah terima. Saat tim datang ke lokasi, Elvira menyambut kedatangan tim dengan suka cita.

Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono mengatakan, menurut Elvira anakan kucing hutan ini ditemukan pada Sabtu (8/1/2022) di kebun sawit milik keluarganya.

“Anakan kucing hutan itu ditemukan saat membersihkan kebun,” kata Hartono, Kamis (13/1/2022).

Saat ditemukan, pihak keluarga kata Hartono, sempat cukup lama menunggu kedatangan induk kucing hutan tersebut. Namun, karena tidak muncul diputuskan dibawa pulang.

Baca Juga :  HUT ke-103, Damkar Pekanbaru Terus Berbenah

“Jadi maksud pihak keluarga di bawa pulang, karena ingin diserahkan kepada kita,” ungkap Hartono.

Hal ini lanjut Hartono, sesuai keterangan pihak keluarga bahwa mengetahui satwa itu merupakan salah satu jenis yang dilindungi.

Sementara itu, saat tim datang dan melakukan pengamatan kondisi satwa dipastikan dalam kondisi terawat, tidak ditemukan cacat atau pun luka luka dibagian tubuhnya dan lincah serta sedikit jinak. 

Selanjutnya, tim gabungan yang turun langsung memindahkan satwa ke kandang evakuasi untuk diangkut ke Pekanbaru. Untuk kemudian dilakukan observasi lebih lanjut.

Selain untuk menjemput satwa tersebut, lanjut Hartono, tim yang turun juga turut memberikan sosialisasi kepada warga Desa Danau Bingkuang untuk tidak memelihara satwa yang dilindungi tanpa ijin yakni tidak melalui Penangkaran atau Lembaga Konservasi. Kemudian, agar selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau terkait satwa yang dilindungi.

Baca Juga :  Siap-Siap, Bapenda Riau Bakal Kejar Tunggakan Pajak Mobil Mewah

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Elvira, semoga kebaikannya akan dibalas Tuhan dengan cara-Nya untuk kakak dan seluruh keluarga. Aamiin,” pungkas Hartono.  (Tan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang