Ini 2 Kelebihan Sirkuit Mandalika Indonesia yang Kalahkan Sirkuit Sepang Malaysia

  • Bagikan
Pengerjaan Sirkuit Mandalika 8 bulan yang lalu. (Foto: MotoGP)

LOMBOK, DURASI.co.id – Sirkuit Internasional Mandalika kini telah 100% teraspal, yang menandakan trek tersebut siap untuk dijadikan venue ajang balapan dunia. Tentunya hal itu menjadi kabar yang sangat baik, apalagi Sirkuit Mandalika memiliki beberapa kelebihan yang patut dibanggakan.

Setidaknya ada dua kelebihan yang dimiliki Sirkuit Mandalika yang tak dimiliki Sirkuit Sepang yang dimiliki Malaysia. Kelebihan itu adalah pemandangan panorama perbukitan yang dikelilingi laut, serta kualitas aspal yang jauh lebih baik dari trek Sepang.

Lokasi Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat trek tersebut di bangun di sebuah pulau yang dikelilingi lautan.

Baca Juga :  Indonesia Akan Kirim 200 Imam Masjid ke Uni Emirat Arab

Tentunya pemandangan laut Lombok sudah terkenal di dunia akan keindahannya. Hal itu membuat Sirkuit Mandalika akan memanjakan para pembalap dan penonton yang akan hadir di sirkut yang memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan tersebut.

Malaysia sendiri membangun Sirkuit Sepang di daerah Sepang, Selangor dan memiliki jarak kurang lebih 45 km dari Kuala Lumpur. Sirkuit tersebut memiliki pemandangan yang indah, namun mungkin tak sehebat panorama perbukitan dan laut seperti yang ada di Sirkuit Mandalika.

Sementara itu, aspal Sirkuit Mandalika digadang-gadang jauh lebih baik dari apa yang ada di Sirkuit Malaysia karena pada proses pembuatannya, trek Mandalika menggunakan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt (SMA) yang membuat kualitasnya menjadi yang terbaik.

Baca Juga :  PAN Dikabarkan Masuk Kabinet, PDIP Serahkan Sepenuhnya ke Jokowi

Dua kelebihan itulah yang dimiliki Sirkuit Mandalika. Kini, masyarakat Indonesia hanya perlu bersabar untuk menyaksikan ada ajang balapan internasional yang mentas di Sirkuit jalan raya tersebut.

Terdekat Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Superbike atau World Superbike (WSBK) 2021. Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi seri ke-13, yang mana berlangsung pada 12-14 November 2021.

Jadi, kurang lebih tiga bulan lagi masyarakat Indonesia bisa menyaksikan aksi para pembalap kelas dunia di Kejuaraan Superbike tersebut. Sementara itu untuk MotoGP, Indonesai sudah dipastikan batal menjadi tuan rumah di musim ini. Indonesia baru bisa menggelar balapan MotoGP pada 2022 nanti.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang