Kembangkan Desa Logas Kuansing, Pemprov Riau Gandeng FEB Unri

  • Bagikan
Kepala Dinas PMDDukcapil Riau, Yurnalis bersama FEB Unri Canangkan Desa Logas, Kuansing sebagai lokus binaan. (mcr)

KUANSING, DURASI.co.id – Dinas PMDDukcapil Provinsi Riau dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Riau (Unri), mencanangkan Desa Logas Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sebagai Desa Lokus Binaan. Ini merupakan tindaklanjut dari MoU Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Minggu lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMDDukcapil Riau, Yurnalis mengatakan bahwa membangun negeri ini, Gubernur Riau dan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, peran serta masyarakat, perguruan tinggi dan swasta sangat dibutuhkan.

Maka, Dinas PMDDukcapil Provinsi Riau menggandeng Fakulatas FEB Unri dalam membangun dan memberdayakan desa di Riau. 

“Pemerintah punya kebijakan, dan sejumlah dana yang bisa dimanfaatkan, sedangkan kampus punya ilmu dan berbagai sklil SDM  yang handal bisa diberikan kepada masyarakat, maka sisi kosong masing inilah yang kita harus isi dan kita sinegi dalam aksi sehinga akan terjadi percepatan pembangunan negiri ini,” kata Yurnalis.

Baca Juga :  Gubernur Riau Ajak Umat Terus Menggalakkan Gerakan Subuh Berjama'ah

Lanjut Yurnalis, saat ini desa banyak memperoleh skim pembiayaan, salah satunya adalah Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Provinsi Riau. Dari BKK ini ada menu pembiayaan yang dikhususkan untuk pelatihan yang meningkatkan enterpreneur bagi pemuda desa.

“Harapannya dengan adanya FEB Unri ini bisa memberikan energi buat kita, karena FEB adalah gudang ilmu bisnis. Saya sangat yakin dan percaya dengan kerjasama ini, Desa-desa di Riau akan cepat maju dan mandiri, sehingga desa-desa di Riau dalam pembiayaan pembangunam tidak hanya bergantung kepada dana dari pemrintah namun lebih kepada memgoptimalkan potensi yang ada di desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakukatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau yang diwakili oleh Dr Yusni Maulida SE MSi, menyampaikan, bahwa dalam acara ini hadir, dosen dan peneliti yang akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. 

Baca Juga :  Harga TBS Sawit Anjlok, Ini yang Dilakukan Gubri

“Pencanangan Desa Logas sebagai Desa Binaan FEB Unri ini dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Dosen, bersama membangun bersama masyarakat, dan memberikan pengetahuan kampus. Kami sangat berterima kasih atas dukungan Dinas PMDDukcapil Riau sebagai mitra FEB dalam membangun dan memberdayakan desa,” katanya.

Ia berharap berbagai menu pengabdian yang akan dilaksanakan di Desa Logas, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi dan kesejahateraan masyarakat desa.

Sementara itu, Camat Singingi Deflides dalam sambutanya menyampaikan bahwa Desa Logas merupakan Desa yang mempunyai berbagi potensi dan harus disentuh dengan SDM yang handal, sehingga potensi yang ada bisa terkelola dan termanfaatkan dengan baik. 

Ia mengatakan, banyak pihak yang menjadikan Desa Logas sebagai desa lokus karena lokasi dan potensinya. Logas juga menjadi desa percontohan UNDP penambangan emas rakyat tampa mercuri, dan sudah dibentuk koperasi penambang emas, Desa model Responsif Gender dan pada hari ini akan menjadi desa binaan FEB Unri, dan Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Baca Juga :  Senam Akan Dipertandingkan di Porprov X Kuansing

“Kami segenap komponen masyarakat Singingi mendukung kegiatan ini. Yang kami harapkan nanti terjadi percepatan pembangunan di Desa Logas khususnya dan  Kuansing pada umumnya,” jelasnya. (mcr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang