Pangan Adalah Pilar Utama Pembangunan Nasional

  • Bagikan

JAKARTA, DURASI.co.id – Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Dirjen Politik dan Pemerintah Umum (Polpum) Kemendagri, Laode Ahmad menyebutkan bahwa pangan merupakan pilar utama pembangunan nasional.

Disampaikannya saat membuka webinar pangan desa untuk kesatuan bangsa dalam rangka mengoptimalkan ketahanan pangan dalam menjaga kesatuan bangsa melalui pangan desa yang berdampak kepada ketahanan ekonomi, sosial dan budaya secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Ia mengatakan bahwa pangan desa untuk ketahanan pangan merupakan paradigma dalam pembangunan desa sehingga diperlukan penguatan, sinergi dan sinkronisasi penyelenggaraan dalam pemerintahan desa.

“Sehingga diharapkan dapat mewujudkan desa yang kuat maju, mandiri dan demokratis,” ujar Laode.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Tahun 2015 yang lalu dalam sidang umum PBB para perwakilan negera di dunia telah menyepakati menyusun sebuah tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Tentunya SDGs ini karena diharapkan menjadi desa peduli kemiskinan, desa peduli kelaparan, lingkungan desa dan lainnya.

Baca Juga :  Besok Partai Gelora Mendaftar ke KPU, Dipimpin Anis Matta dan Fahri Hamzah

Untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan ini atau SDGs telah ditetapkannya Peraturan  Presiden Nomor 59 Tahun  2017 sebagai pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang di elaborasi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) maupun RPJMD.

“Sebagai tindak lanjut SDGs ini disusunlah pada tingkat desa. Dan hampir 70 persen pembangunan berkelanjutan ini dititikberatkan di desa,” lanjutnya.

Menurutnya, pangan merupakan merupakan suatu kebutuhan manusia yang pemenuhannya merupakan hak asasi dan tidak dapat di ubah kan dengan kebutuhan lain,
Pangan juga adalah bagian budaya yang merupakan hasil adaptasi antara manusia dan lingkungan.

“Pangan sebagai komponen dasar untuk  mewujudkan SDM yang berkualitas karena pangan merupakan pilar utama bagi pembangunan nasional,” ujarnya.

Baca Juga :  25 Kabupaten dan Kota Resmi Beralih ke TV Digital, Termasuk Bintan, Tanjungpinang dan Batam

Laode berharap Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memberikan gambaran serta berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan desa di daerahnya masing-masing.

Turut hadir dalam webinar tersebut secara virtual Kepala Subag Tata Usaha Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Riau Rina Rosdiana, Perwakilan Kesbangpol Riau dan peserta webinar lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang