Sambut Hari Pahlawan, UNIBA Selenggarakan Webinar Refleksi Hari Pahlawan

  • Bagikan
Universitas Batam (UNIBA) menyelenggarakan webinar nasional, (Foto: Istimewa)

BATAM, DURASI.co.id – Universitas Batam (UNIBA) menyelenggarakan webinar nasional dalam rangka memperingati hari pahlawan bertema “Jadilah Pahlawan Milenial dengan Menanamkan Nilai Pancasila Dalam Diri Sendiri”.

Kegiatan Webinar dihadiri oleh Polda Kepri, BPIP RI, Kejari Batam, dan ratusan mahasiswa/i yang terdiri dari UNIBA, UNRI, UNRIKA, STAI Muhammadiyah Batam.

Rektor UNIBA, Prof. Dr. Ir Chablullah Wibisono menuturkan, kegiatan diselenggarakan berdasarkan keresahan bahwasanya pemahaman akan ideologi maupun sejarah bangsa yang telah mulai redup khususnya pada kaum intelektual.

“Webinar ini perlu dengan pandangan untuk regenasi kaum muda yang akan menjadi penerus, ini penting karena pastinya tentu penerus harus menerima gayung bersambut, untuk memimpin bangsa ini kedepan. Kalau tidak orang lain masuk dengan strategi ekonominya sehingga kita tergantung dengan negara lain, dan ini bentuk penjajahan yang harus kita antisipasi di tanah air ini,” tutur nya saat ditemui usai webinar.

Baca Juga :  Minta Tambahan Vaksin, Gubernur dan FKPD Kepri Kompak Temui Menkes

Materi berisikian pemantapan ideologi Pancasila dengan penjelasan keselarasan agama dan negara dalam menjalankan hidup berbangsa dan beragama turut dipaparkan oleh pemateri webinar.

Salah satu narasumber webinar, Direktur Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Sahlan Masduk, dalam pemaparannya menyampaikan berbagai potensi rusaknya ideologi Pancasila yang dapat memecah belah kesatuan NKRI.

“Ancaman demi ancaman baik bersifat internal, external maupun siber dalam memecah belah keutuhan Indonesia telah banyak kita rasakan dalam 5 tahun berjalan ini dengan kedok ormas ataupun kelompok tertentu yang menggaungkan ideologi lainya seperti khilafah bahkan hingga menghalalkan kudeta indonesia dengan dalih penguasa thogut,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga menjelaskan perlu adanya kewaspadaan terhadap organisasi intra dan extra kampus, yakni pada aktifis kampus yang dipandang keluar pada jalur semestinya.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT ke-76, Brimob Polda Kepri Ziarah ke Makan Pahlawan

Dilokasi yang sama, Kasubdit Satu Intelkam Polda Kepri, Joko Prianto mendukung penuh kegiatan yang sifatnya menumbuhkan pancasilais terhadap kaum milenial guna membentuk karakteristik pemimpin bangsa dikemudian hari.

“Kami mendukung penuh kolaborasi antara Polda Kepri dan UNIBA dalam meregenerasi kaum muda khususnya milenial yang akan melanjutkan kepemimpinan. Dan menjadi PR kita bersama dalam menjalin katakanlah komunikasi dan kebijakan-kebijakan pendahulunya untuk dilanjutkan kepada generasi milenial supaya tidak hilang,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang