Banjir Rob Melanda Sejumlah Wilayah di Tanjungpinang

  • Bagikan
Rumah warga di Kota Tanjungpinang terendam banjir rob, Rabu (25/1). Foto: Ledi/Durasi.co.id

TANJUNGPINANG, DURASI.co.id – Sejumlah wilayah di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) dilanda banjir rob pada Rabu (25/1/2023).

Pantauan Durasi.co.id, wilayah yang terendam banjir rob yakni, Tanjung Unggat, Jalan Haji Ungar, pesisir Pulau Penyengat, Kampung Bugis, kawasan Akau Potong Lembu dan daerah Suka Berenang Kelurahan Tanjungpinang Timur.

Sementara yang paling terdampak banjir rob terdapat di Teluk Keriting, Kelurahan Tanjungpinang Barat. Tinggi banjir di kawasan itu mencapai lutut orang dewasa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tanjungpinang, Teguh Susanto mengatakan, bahwa banjir rob disebabkan dan sangat dipengaruhi oleh naiknya permukaan air laut akibat pasang tinggi.

“Banjir rob ini merupakan kondisi alam yang terjadi di seluruh kawasan pesisir di tanah air. Kondisinya bisa menjadi lebih parah jika pada saat bersamaan terjadi hujan lebat, seperti di Tanjungpinang,” kata Teguh.

Baca Juga :  Civil Service College Singapore Kunjungi Batam, Ini yang Dibahas

Jika dikaji lebih jauh lagi, kata Teguh, hal ini dipengaruhi oleh pemanasan global.

“Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan langkah-langkah strategis awal untuk menangani masyarakat yang terdampak banjir rob,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kawasan yang sejak lama menjadi langganan banjir ketika pasang tinggi dibarengi dengan hujan lebat, sudah menjadi atensi utama Pemko Tanjungpinang.

“Dapur umum sudah kita dirikan di kantor Dinas Sosial. Namun tim kita akan terus melakukan pengawasan langsung di lapangan, melihat perkembangannya,” tutur Teguh.

Pembuatan dapur umum ini, lanjut Teguh, ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat, yang mungkin terkendala akibat terganggunya akses keluar masuk.

“Semoga masyarakat terbantu dengan adanya dapur umum ini,” tandas Teguh Susanto.

Baca Juga :  Gubernur Ansar Bantu Korban Kecelakaan di Tengah Perjalanan Jemput Wamen

Penulis: Ledi
Editor: Indra

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang