Sekdako Pekanbaru Sebut Jumlah BLT Covid-19 Disesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Daerah

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil. (Foto: Ist)

PEKANBARU, DURASI.co.id – Rencana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga Kota Pekanbaru yang terdampak pandemi Covid-19 masih tahap pendataan.

Mereka yang mendapatkan BLT adalah warga kurang mampu yang kepala keluarganya terpapar Covid-19.

Jumlah BLT yang bakal diberikan rencananya di kisaran Rp1 juta per Kepala Keluarga (KK). Namun jumlah ini masih perkiraan dan belum diputuskan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil menyebut, BLT yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Karena dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru 2021.

“Dari APBD. Jadi jumlahnya kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” terang Muhammad Jamil, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, BLT ini juga tidak sama dengan bantuan yang diberikan Pemerintah Kota sebelumnya. Pihaknya telah melakukan rapat dengan dinas teknis agar penerima bantuan benar-benar tepat sasaran.

Baca Juga :  Polisi Berantas Tambang Emas Tanpa Izin di Kuansing Riau

Warga penerima bantuan adalah mereka yang memiliki kepala keluarga positif Covid-19 dan melakukan isolasi terpusat (Isoter) di fasilitas pemerintah.

“Bukan seperti BLT biasa. Kalau BLT biasa kan semua yang susah dikasih. Kalau kepala keluarganya kenak Covid, dan itu yang kami bantu,” terangnya.

Saat ini Dinas Sosial dibantu pihak kelurahan yang melibatkan RT/RW tengah melakukan pendataan. Mereka mendata warga miskin penerima manfaat nantinya.

Jamil belum dapat memastikan berapa anggaran yang disiapkan pemerintah kota untuk BLT tersebut. Ia masih menghitung kemampuan keuangan daerah.

“Kita kan lagi mendata ini. Pak Wali kan kemarin target nya Rp1 juta. Tapi kalau seandainya tidak mencukupi keuangan daerah kita kurangi nanti,” tutupnya. (Diskominfo)

Baca Juga :  Dua Pelaku Penyalahgunaan Solar Subsidi di Kampar Ditangkap Polisi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hak cipta dilindungi undang-undang